md2Tanggal 1 Mei kemarin adalah hari buruh Internasional. Dikenal juga dengan istilah May day. Suasana Ibukota Jakarta, khususnya yang dilalui sekolahajadotcom (SDC) cukup lengang sekitar jam 10 pagi. Dari patung Pancoran hingga stasiun Cawang tak seramai hari kerja. Mungkin karena hari itu libur kerja. Banyak penghuni tetap apalagi pendatang yang keluar kota atau dimanfaatkan mudik ke kampung.

May day kemarin bertepatan dengan Hari Jum’at. SDC memasuki stasiun Cawang, ada kumpulan sedikit orang yang ada di loket tiket commuter Jabodetabek. Suasana stasiun Cawang pun jauh dari hari kerja, bisa dihitung jari tangan dan kaki jumlah orang yang dalam stasiun.

md3Dalam commuter kearah Kota (Utara) separuh dari biasanya. Penumpang dari Bogor dan Depok mendominasi di dalam commuter. Jalanan sekitar yang dilalui commuter tak terlalu ramai kendaraan. Penumpang sebagian turun di stasiun Manggarai berganti yang naik. Jumlah yang turun dan naik hampir seimbang.

Menjelang stasiun Juanda banyak penumpang yang siap-siap untuk turun. SDC mengikuti mereka, jam di hp menunjukkan jam 11.37 Wib. Benar dugaan, separuh penumpang turun di stasiun Juanda. SDC pun terus membuntuti mereka. Mereka terdiri lelaki dan perempuan, tua muda, menuju satu arah ke masjid Istiqlal.

md4Jalanan dan aktifitas di hari libur dari atas rel tak nampak adanya melintas buruh yang sedang berada di sepanjang jalanan. Memang sekitar rel yang dilalui bukanlah rute buruh yang turun ke jalan. Para penumpang kereta yang turun di stasiun Juanda tadi memasuki masjid Istiqlal. Mereka dan SDC akhirnya sama-sama menjadi jama’ah sholat Jum’at disana. Sholat Jumat di Istiqlal disaat May day.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.