tembak rizkyKejadian pada hari Kamis kemarin di  Arab Saudi dimana seorang guru melakukan penembakan ke rekan-rekannya di satu gedung Kementerian Pendidikan sehingga menewaskan enam orang. Peristiwa tersebut adalah rentetan kejadian penembakan atau pembunuhan yang terjadi di lingkungan pendidikan atau sekolah.

Jika kejadian pembunuhan terjadi di satu medan pertempuran adalah hal wajar, ini ironis sekali dimana hal tersebut terjadi di seputaran lingkungan pendidikan yang seharusnya mendapatkan jaminan kenyamanan dan keamanan demi tercapainya proses belajar. Tragisnya, si pelaku bisa jadi bagian dari komunitas pendidikan itu sendiri.

Berikut adalah summary penembakan atau pembunuhan yang terjadi di lingkungan pendidikan.

Kamis, 11 Pebruari 2016. Arab Saudi (provinsi Jazan berbatasan dengan Yaman yang konflik, Saudi Selatan). Seorang guru melakukan penembakan di lingkungan Kementerian Pendidikan setempat, korban 2 luka-luka dan 6 orang / rekan-rekan sesama guru meninggal, motif belum diketahui, pelaku ditangkap pemerintah setempat.

Jumat, 22 Januari 2016. Kanada, provinsi Saskatchewan. Seorang remaja berusia 17 tahun melakukan penembakan di komunitas sekolah La Loche yang memiliki 900 murid dari tingkat TK sampai tingkat 12 (SMA). Korban 2 luka parah dan 5 orang tewas termasuk 2 guru, motif tidak dijelaskan, pelaku tertangkap dan diadili.

Jumat, 9 Oktober 2015. Amerika, Texas. Penyerang melakukan penembakan di kompleks apartemen mahasiswa dekat Texas Southern University. Korban 1 mahasiswa terbunuh dan 1 terluka, motif tidak dijalaskan, 3 pelaku tertangkap dan diadili.

Jumat, 9 Oktober 2015. Amerika, Arizona. Seorang mahasiswa, Steven Jones mahasiswa tingkat pertama, usia 18 tahun, melakukan penembakan di kampusnya sendiri Northern Arizona University. Korban 1 orang meninggal dan 3 orang terluka, motif membela diri saat diserang, pelaku tertangkap dan diadili.

Kamis, 1 Oktober 2015. Amerika, Oregon. Seorang pria bersenjata 13 unit dengan rompi anti peluru bernama Chris Harper Mercer melakukan penembakan di sebuah kampus Umpqua Community College di Roseburg,  Oregon. Korban 10 orang terbunuh terdiri dari mahasiswa dan tenaga pengajar. Motif tidak diketahui, pelaku tewas dalam baku tembak dengan polisi.

Selasa, 10 Pebruari 2015. Amerika, North Carolina. Seorang pria, Craig Stephen Hicks melakukan penembakan diluar kampus University of North Carolina. Korban 3 orang mahasiswa terbunuh. Motif sengketa parkir atau motivasi kebencian (kebetulan semua korban muslim), pelaku ditangkap polisi.

Rabu, 10 Desember 2014. Afganistan, Kabul. Pelaku bom bunuh diri meledakkan bomnya di sekolah pusat kebudayaan Prancis. Korban 1 orang tewas dan puluhan terluka. Motif permasalahan politik.

Selasa, 16 Desember 2014. Pakistan, Peshawar. Pelaku adalah sekelompok orang menyerang sekolah yang dikelola militer. Korban 141 orang dimana 132 adalah anak-anak sekolah. Motif permasalahan politik. Sejumlah pelaku sebanyak 6 orang tewas ditangan aparat.

Selasa, 9 Juni 2014. Amerika, Oregon. Pelaku pria bersenjata semi otomotis melakukan penembakan di sebuah sekolah menengah Reynolds di Troutdale. Korban 1 murid sekolah. Motif permasalahan tidak dijelaskan. Pelaku diberitakan tewas ditempat kejadian.

Kamis, 31 Januari 2013. Amerika, Atlanta – Georgia. Pelaku adalah siswa sekolah Public Schools Erroll Davis yang dilengkapi sensor metal detector, tidak diketahui bagaimana remaja bersenjata itu membawa senjata ke sekolah. Korban 1 siswa luka kritis. Motif tidak diungkap. Pelaku ditangkap.

Kamis, 10 Januari 2013. Amerika, California. Seorang guru menggagalkan aksi pelaku penembakan di Taft Union High School setelah menembak 1 orang murid, penembak adalah salah satu siswa sekolah tersebut.  Korban 1 siswa luka tembak dan kritis. Motif tidak dapat ditelusuri. Pelaku ditangkap.

Jumat, 15 Desember 2012. Amerika, Newtown – Connecticut. Pelaku satu lelaki bersenjata menembaki secara brutal di sekolah dasar Sandy Hook School, ia tercatat sebagai seorang alumnus sekolah tersebut bernama Adam  Lanza, 20 thn. Korban 26 orang tewas termasuk siswa, guru dan kepala sekolah yang bernama Dawan Hochsprung. Motif masih misterius. Pelaku bunuh diri.

Senin, 19 Maret 2012. Prancis, Toulouse. Seorang melakukan penembakan di sekolah Ozar. Korban 4 orang tewas termasuk 1 guru dan 3 siswa sedangkan 1 lainnya luka parah, motif belum terungkap dan pelaku belum tertangkap.

Senin, 27 Februari 2012. Amerika, Chardon – Ohio. Pelaku, remaja benama Danny, melakukan penembakan kearah kantin di sekolah SMA Chardon. Korban 1 orang tewas dan 4 terluka dimana 2 diantaranya kritis, motif/sebab Danny adalah siswa cerdas yang dikucilkan oleh teman-temannya dan sering menjadi bulan-bulanan, pelaku tertangkap.

Selain kasus-kasus diatas masih banyak lagi kasus penembakan lainnya yang terjadi di lingkungan sekolah ataupun kampus. Terpenting, para orang tua/guru selalu memperhatikan perkembangan jiwa sang anak/anak didik sehingga tidak menjadi pemain seperti kasus-kasus diatas. Tidak kalah pentingnya memperhatikan tingkat kerawanan yang terjadi diluar lingkungan sekitar sekolah/kampus.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.