Wajah-wajah sejawat

doppelganger111Ditempat saya bekerja sekarang ini kebetulan ada beberapa wajah sejawat yang mirip dengan para aktor/ aktris kondang dan orang terkenal. Ada yang mirip Syech Puji, Tukul, Jujuk Srimulat, Ivan Gunawan, Kang Ibing, Doel Sumbang, Herman Felani, Ikang Fauzi, Edi Gombloh dan N!xau.

Wajah sejawat yang mirip-mirip itu gak mandang posisi atau jabatan. Yang mirip Ivan Gunawan, Kang Ibing dan Doel Sumbang berposisi sebagai manajer. Yang mirip Syech Puji dan yang mirip Tukul adalah seorang Engineer, yang mirip Jujuk Srimulat adalah seorang tenaga Administrasi, dan yang mirip Herman Felani, Ikang Fauzi dan Edi Gombloh adalah seorang Superintendent.

doppelganger11Bekerja merupakan bagian dari ibadah, meski demikian dalam melakukannya ada saja yang muncul sebagai beban. Beban yang terus menerus bisa saja berubah menjadi tekanan hidup, tekanan mengumpulkan ketegangan yang pada akhirnya menurunkan daya tahan tubuh. Namun setidaknya bagi saya, beban kerjaan terasa lebih enteng karena adanya wajah-wajah sejawat yang mirip dengan para bintang film dan orang terkenal itu dimana bisa membuat suasana kantor menjadi lebih hangat, bahan obrolan menjadi lebih hidup. Wajah-wajah sejawat yang mirip bintang film dan orang terkenal tersebut bisa membantu saya dalam menepis beban dan ketegangan dalam bekerja.

Andut, nama aslinya Irsakdul Quran. Ia seorang driver di tempat kerja saya. Wajah Andut mirip aktor kelahiran Tsumkwe, Namibia. Aktor Namibia itu bernama N!xau. N!ixau itu pemeran Xi yang box office di tahun 1980an melalui film ‘The Gods Must Be Crazy’. Lihat perbandingan wajah Andut dengan wajah N!xau di dua foto pertama dalam artikel ini.

doppelganger1Seorang Superintendent di tempat saya bekerja wajahnya mirip aktor lawas Indonesia, Herman Felani. Ia putra asal Sigli-Aceh bernama Zainuddin Abdullah, wajahnya mirip dengan Herman Felani diwaktu muda.

Ditempat kerja saya juga ada Ahdan (paramedik) dan Amin (drafter). Ahdan berasal dari Muara Enim dan Amin berasal dari Lampung. Amin dan Ahdan tidak mirip bintang film ataupun orang terkenal, tapi wajah mereka berdua saling menyerupai. Ahdan gemuk, Amin gendut. Keduanya sama-sama berkulit gelap. Mereka berdua tidak ada hubungan darah, saudara, atau family. Namun semua sejawat di kantor mengatakan Ahdan dan Amin itu seperti kakak-beradik. Lihat gambar dibawah.

Kemiripan wajah-wajah itu tidak hanya menurut anggapan saya, namun teman-teman di kantorpun berpendapat sama dengan saya.

Kenapa ada wajah orang yang mirip satu sama lain?

doppelganger112Wajah adalah sesuatu yang khas dan unik. Oleh karenanya wajah dijadikan ciri atau tanda pada kartu tanda pengenal seperti SIM, Kartu Pelajar, KTP dan paspor. Wajah itu identitas.

Dari wajah, polisi dapat melakukan identifikasi dan mengungkap kejahatan. Dari wajah kita bisa mengenali wajah-wajah anak, istri, tetangga, rekan dan lain-lain dimanapun.

Pada saat mata kita melihat wajah seseorang maka pikiran/otak kita secara langsung bekerja merekamnya. Otak kita seperti sebuah scanner dan menyimpannya dalam memori otak kita. Memori ini akan muncul kembali saat kita melihat wajah tersebut, namun juga akan muncul ketika kita melihat wajah seseorang yang menyerupai wajah yang kita kenal sebelumnya. Meski demikian kita akan mencoba membedakan antara kedua wajah yang serupa tersebut. Pasti akan ketemu bedanya, karena wajah seseorang itu pasti unik. Jangankan wajah yang hanya mirip, yang betul-betul kembar saja kita akan menemukan perbedaanya jika kita benar-benar mengamatinya secara teliti walau terkadang sulit.

Jadi, yang dikatakan adanya kemiripan itu bisa bermakna bukan sama seratus persen. Namun mirip sebatas kesan dimata manusia yang memandangnya dan bukan sedang berbicara detail. Sebab wajah yang mirip dapat berubah oleh perubahan kecil, misal karena potong rambut atau sedikit merubah gaya model rambut.

Doppelganger dan sains

Pembaca tahu doppelganger? Itu lho istilah dari bahasa Jerman bermakna hantu dari orang yang masih hidup, ganda atau kembaran. Maksudnya, sebuah istilah yang menggambarkan karakteristik fisik dan sifat yang sama dari yang sama sekali tidak memiliki hubungan darah atau hubungan secara secara langsung misal saudara kandung atau saudara kembar.

Istilah doppelganger awal mulanya dikenalkan oleh novelis romatis Jerman yang bernama Jean Paul di tahun 1796 dalam novel Siebenkas. Kata doppelganger menjadi lebih popular lagi melalui buku The Night – Side of Nature, 1948, yang ditulis oleh Chaterine Crowne.

Doppleganger lebih banyak terkait dengan dongeng-dongeng rakyat atau cerita rakyat (folktale atau folklore), mitos, relijius, mistis dan tradisi.

doppelganger113Secara fakta manusia memiliki gen yang memberikan instruksi unik bagi setiap individu termasuk kepada manusia yang saling menyerupai satu sama lain. Bentuk alis, bentuk bibir, rupa wajah, keriting-lurusnya rambut, model dagu dan ciri-ciri manusia yang lain semuanya dibentuk atas instruksi gen. Meski instruksi gen pada setiap individu manusia itu unik tapi kenapa dalam tampilan fisik ada orang-orang yang saling menyerupai. Sederhana saja, probability kemiripan wajah itu bisa dan wajar terjadi dalam jumlah manusia di dunia yang mencapai jumlah 7,6 miliar. Masalahnya, seberapa besar probabilty-nya.

Kita analogikan kemiripan wajah dengan pembentukan kata. Alphabet di dunia ini memiliki 26 karakter yakni A – Z. Kita tahu rangkaian karakter huruf C-A-N (baca: can) dalam Bahasa Sunda artinya belum, sedangkan dalam Bahasa Inggris artinya dapat. Contoh lagi, hati-hati dalam Bahasa Indonesia artinya awas atau waspada, namun dalam Bahasa Tagalog (Filipino) artinya dibagi. Nah, CAN dan HATI HATI terbentuk dari karakter huruf yang sama meski beda makna. Pembentukan kata CAN dan HATI HATI terjadi oleh sekelompok manusia yang berjauhan tempatnya. Terbukti dari hanya 26 karakter huruf dapat membentuk sebuah kata yang sama, bagaimana dengan 7,6 miliar manusia yang ada di dunia terhadap probability terjadinya kesamaan atau kemiripan wajah?

Apakah doppleganger adalah sesuatu yang benar-benar ada? Apakah kita memiliki doppelganger? Seberapa besar kemungkinan kita bertemu dengan doppelganger kita?

Apakah ketiga pertanyaan diatas merupakan pertanyaan bodoh? Apakah ketiganya merupakan pertanyaan sia-sia? Faktanya di belahan dunia ini ada 6 orang yang diakui paling mirip dengan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Salah satu orang tersebut berasal dari Indonesia, ia bernama Ilham Anas.

Penelitian terkait kemiripan wajah dilakukan diberbagai belahan dunia seperti oleh Teghan dari Adelaide University, David Aldous dan Nick Fieller sang ahli statistik Amerika, Winrich Freiwald dari Rockefeller University, dan Lavinia Paternoster dari Bristol University.

Doppelganger dan Islam

Ini adalah pandangan saya sebagaimana yang sedikit saya pahami. Saya yakin dan percaya bisa terjadi kemiripan pada wajah manusia, hal ini terbukti pada wajah-wajah sejawat saya.

Saya pun percaya bahwa setiap manusia memiliki kembaran sebagaimana Nabi saya, Muahammad Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wassalam ucapkan dalam hadist.

Kembaran ini adalah kembaran kita di alam ghaib dimana mempunyai karakter, kebiasaan kesukaan yang yang sama dengan kita. Kembaran ini selalu menyertai kita. Kembaran kita ini diciptakan Allah dari api dan cahaya, ia dari bangsa jin. Kembaran itu disebut dalam Al-Quranul Karim di surat Az-Zukruf: 36, kembaran kita itu disebut qorin.

Hadist terkait qorin adalah:

Dari Ibnu Mas’ud radhiallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” Para sahabat bertanya, “Termasuk Anda, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab:

“Termasuk saya, hanya saja Allah membantuku untuk menundukkannya, sehingga dia masuk Islam. Karen itu, dia tidak memerintahkan kepadaku kecuali yang baik.” (HR. Muslim).***

2 thoughts on “Si Anu Mirip Si Fulan – Doppelganger”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.