2. low bouyCompSimbiosis mutualisme adalah interaksi saling menguntungkan antara dua makhluk yang berbeda jenis. Contohnya, burung jalak dengan kerbau, jalak dapat makanan (kutu kerbau) sedangkan kerbau terbebas dari gangguan kutu. Contoh lainnya lebah dan bunga, lebah mendapatkan sari madu sedangkan bunga diuntungkan dalam penyerbukan bunga. Contoh lagi, tanaman salak dan manusia, tanaman salak terbantu manusia dalam penyerbukan bunga sedangkan manusia dapat salaknya.

Simbiosis berasal dari Bahasa Yunani, sym berarti ‘dengan’ sedangkan biosis ‘kehidupan’. Apakah alat berat dapat bersimbiosis mutualisme? Alat berat bukan makhluk hidup namun saat dioperasikan ia dapat melakukan sesuatu yang menggambarkan kerjasama yang saling menguntungkan. Mereka saling menguntungkan satu sama lain dalam kondisi-kondisi tertentu. Saat seperti apakah itu?

Lihat gambar diatas, dua alat berat konstruksi yakni sebuah hydraulic excavator Komatsu PC400 sedang dibawa oleh sebuah low bed trailer. Seandainya excavator tersebut tidak digendong (dibawa diatas) trailer, artinya excavator tersebut disuruh jalan sendiri maka akan banyak kerugiannya. Kerugian itu antara lain:

  • Waktu tempuh sangat lambat (inefficient) dimana max. travel speed excavator PC400 = 5,5 km / jam.
  • Jalanan aspal yang dilalui excavator menjadi rusak. Kaki-kaki excavator adalah crawler track yang dapat merusak jalanan aspal, apalagi beratnya PC400 mencapai 41,400 kg.

Jasa trailer sangat menguntungkan excavator dalam kondisi seperti diatas. Lantas kapankah excavator berbuat kebaikan yang menguntungkan trailer?

Kita tahu (dari gambar) trailer di disain dengan menggunakan wheel, roda ban. Setiap kendaraan roda ban selalu berusaha menghindari jalanan tanah, tanah gembur, apalagi tanah berlumpur. Jika karena sesuatu hal yang tak bisa dihindari oleh roda-roda trailer yang kemudian roda-roda itu terperosok (ambles) diarea berlumpur maka sang excavator dengan crawler track-nya yang jago di lahan berlumpur dapat secara mudah  dengan menggunakan boom dan arm-nya menarik atau mendorong trailer. Dengan dorongan atau tarikan bahkan mengangkat body trailer akan membantu si trailer tersebut keluar dari masalah dan trailer tersebut dapat melanjutkan aktifitasnya lagi.

Hydraulic excavator PC400 dan low bed trailer diatas adalah alat berat konstruksi, mereka bukan makhluk hidup, mereka tak bernyawa alias benda mati (non-biosis) namun saat dioperasikan oleh manusia mereka bisa ber-simbiosis mutualisme. Nah, terbukti ‘kan bahwa mereka bisa ‘hidup’ berdampingan saling menguntungkan?!***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.