Winsize windsockdsock (kondom angin) sudah dibahas dalam postingan terdahulu di website ini, dan kali ini yang dibahas dalam artikel ini adalah mengenai ukuran standar windsock.

Kita dapat lihat di lapangan ada beragam ukuran windsock, ada yang ukuran kecil, ada yang sedang dan ada yang berukuran besar. Sebenarnya ada tidak sih ukuran baku dari windsock?

Sampai saat ini saya belum menemukan standar dari SNI (Standar Nasional Indonesia) mengenai spesifikasi dan ukuran windsock (jika pembaca mengetahuinya, silahkan tulis di kolom komen dibawah ini).  Kali ini saya ingin mengetengahkan standar ukuran windsock (standard of windsock size) yang berlaku di Amerika dan organisasi penerbangan sipil internasional.


Mengacu ke standar FAA (Federal Aviation Administration) dan ICAO (International Civil Aviation Organization) menyebutkan spesifikasi bahan dan ukuran windsock.  Jika dari bahan, fungsi windsock harus dapat mengembang penuh pada kecepatan angin 15-knot atau setara dengan 28 km/jam (17mph). selain itu fungsi windsock dapat berubah arahnya mengikuti besar kecepatan angin pada 3-knot atau setara dengan 5,6 km/jam (3,5 mph). secara umum letak jahitan harus pada posisi jam 9 dan jam 3.

windsocksFAA dan ICAO mensyaratkan penempatan windsock bebas hambatan/penghalang dalam jarak radius 25 meter dari benda tegak berdiri (misal: bangunan, atap bangunan, pohon). Jika ada penghalang maka perlu dilakukan pemasangan windsock dengan tiang yang lebih tinggi. Tinggi tiang adalah 3, 4,8 dan 6 meter.

Windsock berdasarkan FAA (AC 150/5345-27D) dan ICAO (Annex 14) ditetapkan dalam tiga spesifikasi yang berbeda sebagai berikut:

Ukuran-1, panjang 8’ (2,5 meter) dengan diameter pangkal 18” (0,45 meter).

Ukuran-2, panjang 12’ (3,6 meter) dengan diameter pangkal 36” (0,9 meter).

Ukuran standar ICAO/FAA, 20’ (6 meter) dimana windsock dirancang untuk mengembang penuh saat angin pada kecepatan 15 knots (28 km atau 17 mph). Windsock harus berwarna yang kontras dengan lingkungan sekitarnya seperti kuning, oranye, merah & putih.

Di pasaran dapat ditemui beragam ukuran windsock (lihat x-y-z pada gambar paling atas). Pada pemilihan ukuran windsock yang akan kita beli tentunya kita yang akan menentukan ukuran mana yang akan kita pilih disesuaikan dengan urgensi kebutuhan dengan maksud pemasangan windsock tersebut.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.