sumur minyak1Mengakhiri tugas di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke tempat penambangan minyak yang dilakukan secara tradisional.

Ada dua pilihan tempat ladang minyak tradisional, yang pertama adalah di desa Wonocolo Kecamatan Kedewan Kabupaten Bojonegoro dan yang kedua adalah yang berada di desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora.

Karena alasan jarak tempuh dan efisiensi waktu maka dipilihlah pilihan kedua yaitu ladang minyak yang berada di desa Ledok kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Desa Ledok terletak di bagian Utara dalam kecamatan Sambong.

sumur minyak2Jarak Cepu – Sambong hanya sekitar 15 Km atau sekitar jarak tempuh 25 menit. Menuju desa Ledok melewati hutan jati milik rakyat dan Perhutani. Jalan menuju desa Ledok menanjak dan terus menanjak menaiki bukit. Saat posisi diatas jalanan menanjak dapat dilihat view bak diatas puncak dimana dapat melihat hutan jati dari atas.

Desa Ledok berada diatas bukit kapur dan berhutan heterogen, sejak zaman Belanda hingga sekarang desa ini menyimpan potensi alam yang tak dapat diperbaharui, yakni minyak. Ladang sumur minyak yang ada di desa Ledok ini dikelola oleh masyarakat setempat dengan peralatan sederhana berdampingan dengan sumur-sumur minyak milik PT Pertamina EP (Exploration & Production) yang dikelola jauh lebih modern.*

Baca juga Sumur Minyak Tradisional (part-2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.