sumur minyak3Aroma minyak sangat tercium ketika mendekat sumur penambangan minyak di bukit berkapur desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Sumur-sumur peninggalan dari zaman Belanda yang ada di desa Ledok ini berjumlah total diatas 200 buah.

Produk hasil penambangan dari sumur-sumur ini berupa minyak mentah (lantung). Penambangan di desa Ledok ini dilakukan oleh masyarakat setempat yang bekerja sama dengan PT Pertamina EP (Exploration & Production) Asset-4 Field Cepu.

Desa Ledok ini merupakan daerah pebukitan dan sebagai bagian dari blok Cepu (meliputi Kabupaten Blora dan Kabupaten Bojonegoro). Perusahaan-perusahaan pengelola blok Cepu terdiri dari perusahaan negara dan swasta yakni PT Pertamina EP, Pusdiklat Migas, dan Exxon Mobile.

Produksi minyak secara tradisional persumur perhari dapat mencapai 10-30 barrel, 1 barrel adalah 159 liter.

Masyarakat setempat ini berkelompok dalam menambang, mereka berkelompok dalam naungan koperasi unit desa (KUD).

Pendapatan atas penambangan yang dilakukan masyarakat setempat ini berdampak dengan kemakmuran penduduk desa dan kecamatan tersebut diatas. Bangunan-bangunan rumah di desa Ledok kecamatan Sambong secara umum lebih baik dari desa-desa lainnya di kecamatan yang sama.*

Baca juga Sumur Minyak Tradisional (part-3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.