sum1

Baca juga:

Sumur Minyak Tradisional (part-1),

Sumur Minyak Tradisional (part-2),

Sumur Minyak Tradisional (part-3),

Sumur Minyak Tradisional (part-4)

Sumur tradisional memiliki 2 operator. Satu operator sebagai penimba, yaitu bertugas mengoperasikan motor utama dari kabin truk. Ia layaknya supir truk, mengegas untuk memanjangkan / mengulur dan menarik / memendekkan tali kawat (wire sling) yang berujung timba (pipa besi).

Dengan kedalaman sumur hingga sekitar 400 meter maka ia harus memanjangkan sling hingga sepanjang 400 meter. Panjang 400 meter dapat diketahui oleh operator ini dengan memberikan tanda pita atau tali plastik berwarna mencolok pada sling tersebut. Jika tali sling bertanda tersebut sudah melewati didepan matanya maka ia akan menekan pedal gas untuk menggulung sling (menarik timba). Timba pipa akan tertarik keluar dari dalam sumur.

sum2Timba pipa yang telah muncul akan ditarik atau didorong oleh operator ke 2 dan meletakkanya pada lantai yang bertanggul. Lantai dibuat miring permukaannya (slope) dengan maksud mudah mengalirkan tumpahan minyak mentah yang dikeluarkan dari timba pipa.

Tentu saja lantai sekitar sumur berwarna cokelat gelap dan kehitaman karena warna dari minyak mentah tersebut. Alat yang digunakan operator ke 2 ini hanya sebatang besi berdiameter sebesar ibu jari dengan panjang sekitar hingga 3 meter untuk mengendalikan timba pipa.

sum4Minyak mentah akan mengalir ke penampungan pertama melalui pipa penyalur. Jadi pipa penyalur ini berpangkal pada salah satu lantai sekitar sumur dan berujung pada bak penampungan pertama. Bak penampungan pertama ini dipasang saringan sederhana berupa kawat teranyam (wire mesh).

Minyak mentah yang terkumpul di bak pertama akan disalurkan melalui pipa penyalur berikutnya menuju bak penampungan ke 2. Bak penampungan ke 2 ini berfungsi menampung minyak mentah dengan memanfaatkan sifat alami berat jenis dari air dan minyak yang terkandung dalam minyak mentah.

Tentu minyak berada diatas air dikarenakan berat jenis minyak lebih ringan dari berat jenis air. Minyak yang berada diatas akan dialirkan ke bak berikutnya dan ditampung di bak tersebut. Sedangkan air akan dipompa dan dimasukkan kedalam sumur melalui saluran tersendiri. Penimbaan terus berulang dan berulang hingga jam kerja para operator habis.

Video singkat penambangan sumur minyak tradisional dapat KLIK DISINI.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.