taisopotoTaiso berasal dari  bahasa Jepang yang artinya senam. Senam, gerak badan untuk kesegaran jasmani. Perusahaan-perusahaan ‘Indonesia-Jepang’ di Indonesia pada umumnya melakukan taiso. Taiso dilakukan disetiap hari kerja sebelum memulai aktifitas kerja.

Tempat dilakukan taiso tidaklah sulit. Misalnya untuk perkantoran maka taiso biasanya dilakukan di sekitar meja kerja, lobby atau tiap space yang ada di kantor. Jika sudah tepat awal jam kerja (jam tujuh pagi, misalnya) akan terdengar musik khas taiso, maka serentak karyawan yang sedang duduk segera bangun berdiri, yang sedang merokok di area merokok segera mematikan rokoknya, yang sedang berbicara segera menghentikan bicaranya, yang sedang apapun segera menghentikan ‘apapun’nya dan segera bergabung melakukan taiso. Prinsipnya setiap karyawan yang mendengar musik taiso akan otomatis mengambil sikap berdiri dan melakukan gerakan taiso. Maka terjadilah taiso berjamaah.

Konon, taiso adalah  program nasional Jepang sejak tahun 1928 dan program ini tidak banyak berubah hingga sekarang dimana musiknya pun masih sama dengan yang dulu.

Indonesia ‘sempat’ memiliki senam seperti taiso, di era tahun 1970 hingga 80an di sekolah-sekolah disosialisasikan dan dilakukan senam rutin dengan gerakan yang seragam, namanya senam kesegaran jasmani alias SKJ. SKJ memiliki musik khusus pula, sama dengan taiso yang punya khas pada musiknya.

Gerakan taiso sederhana saja, gak ruwet dan gak ribet. Semua karyawan dikantor mudah mengikutinya. Tanpa instruktur berdiri di depan pun jadilah. Cuplikan taiso karyawan di kantor KLIK DISINI.

Kegiatan rutin lain yang dilakukan setiap pagi setelah taiso berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sebagai contoh ada yang menerapkan setelah taiso maka seorang leader menyampaikan pencapaian target kerja selama hari kemarin dan menyampaikan juga apa-apa rencana kerja di hari ini. Di penghujung rangkaian taisho yang hanya 5 -10 menit itu ditutup dengan doa, doa bersama sebelum memulai bekerja.

Taiso tidak hanya dilakukan di kantor, bagi pekerja lapangan juga melakukan taiso. Cuplikan taiso pekerja lapangan KLIK DISINI.

Nah, setelah membaca tulisan diatas dan melihat cuplikan video taiso maka bisa diketahui bahwa senam bukan hanya milik adik-adik pelajar di sekolah, tapi juga milik para karyawan dan pekerja lapangan.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.