Bersama rekan pantai panjang30asetia sekaligus driver handal yang juga engineer muda, Syahroni, dengan persiapan yang sangat mendadak pada akhirnya saya dapat menginjakkan kaki di tanah Bengkulu.

Saat mencapai Kota Bengkulu, kami sengaja mampir terlebih dahulu ke lokasi tujuan para wisatawan jika mereka sedang mengunjungi Kota Bengkulu yaitu Pantai Panjang. Pantai yang sangat indah ini terletak di disebelah barat Bengkulu.

Setelah selesai berlama-lama menikmati keindahan Pantai Panjang lantas kami meneruskan perjalanan untuk menyelesaikan tugas kami di Kota Bengkulu.

Pantai panjang sangat mudah di gapai. Ia terlihat dari pinggir jalan Pariwisata. Pantai Panjang itu sendiri terletak di sepanjang pinggir jalan Pariwisata, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu.

pantai panjang35aKami sampai di lokasi pantai sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Pantai Panjang berair bersih dan bening, berpasir putih halus juga lembut yang tak terasa perih saat dipijak kaki.

Di penghujung senja itu, air laut yang selalu datang bergulung-gulung menuju tepi pantai mulai kehilangan pantulan sinar matahari. Langit meredup dan mulai berwarna agak kegelapan. Matahari senja mengendap dan seakan menyentuh permukaan garis air di tengah laut. Suasana sunset.

Pertemuan langit dan laut nampak jelas membentuk garis, itulah cakrawala atau horizon atau kaki langit. Perpaduan warna langit dan laut yang sangat indah. Sinar merah oranye dan kuning dari matahari senja merambat hingga bibir-bibir pantai. Siluet alam tergambar sepanjang pantai.

Langit pantai Panjang kian gelap namun gedebur ombak dan tarikan air dibibir pantai kian jelas terdengar. Langit tak berawan, angin laut yang bertiup tak terlalu kencang maka kamipun tetap berdiri disana.

Suasana pengunjung Pantai Panjang yang total panjangnya sekitar tujuh kilometer menjelang petang kala itu tidak terlalu sedikit namun juga tidak terlalu banyak. Beberapa pengunjung yang berada di pantai dengan lebar hingga sekitar lima ratus meter pada saat air surut menyerupai siluet manusia yang bergerak-gerak.


Langit semakin gelap dan kumandang adzan magrib lantas jelas terdengar kemudian bersahutan. Kami yang sedang berstatus musafir tetap bertahan disitu, menikamati keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Indah.

Payung-payung pantai yang telah mengembang sejak kami datang dan dilengkapi kursi-kursi mulai diduduki para pengunjung yang baru datang. Hampir mereka semua memandang kearah laut. Beberapa diantara mereka mulai memesan makanan dan minuman dari para pedagang disitu.

Sebagian pengunjung lainnya ada yang masih bermain pasir, ada yang berlari dan ada yang sekedar berjalan sesekali berfoto, terkadang groofie dan ada juga yang selfie.

Pantai Panjang merupakan tempat wisata terpopuler di Kota Bengkulu. Pantai ini banyak dikunjungi para pelancong domestik terutama diliburan akhir tahun dan Iedul Fitri. Banyak berderet motel atau penginapan diseberang jalan Pariwisata. Tarif beragam jenis penginapan ini dari mulai seratus ribu hingga diatas lima ratus ribu rupiah.

pantai panjang19aSekitar pantai, selain penginapan dan hotel sangatlah mudah menemukan berbagai fasilitas umum yang tersedia, seperti area parkir yang lumayan luas, restoran, kios-kios ikan asin, minimarket, jual pulsa handphone, kios cinderamata, dan sebagainya.

Selain sebagai tempat wisata Pantai Panjang juga sering digunakan oleh warga setempat sebagai sarana olahraga seperti lari, voly pantai, berselancar.

Sepanjang pantai ini tidak satupun terlihat nyiur melambai, memang unik dan tidak biasanya pada Pantai Panjang yang pantainya langsung menghadap ke Samudera Indonesia ini, justru yang terlihat pohon-pohon pinus dan cemara.***

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.