Kiat-kiat

tiome3Segala sesuatu yang hendak kita gapai maka sudah satu keharusan kita mesti membuat perencanaan. Perencanaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Pada umumnya yang sulit bukan dalam tahap perencanaan melainkan pada tahap pelaksanaan. Hanya komitmen yang kuat yang akan memuluskan perjalanan menuju apa yang hendak kita gapai. Begitupun komitmen ibu Tiome, para guru dan seluruh warga sekolah SDN 43 telah membuktikan pada kita tentang keberhasilan.

Bau sampah, tumpukan sampah dan lahan tak berbentuk telah berubah menjadi taman dan kebun sayur yang menarik, ini adalah suatu keberhasilan. Keberhasilan tersebut adalah hasil kerja keras yang tak kenal lelah. Ibu Tiome merasa keberhasilan ini bukanlah milik dirinya, melainkan milik semua warga sekolah yang telah terlibat dalam setiap rangkaian proses untuk mewujudkannya.

Beberapa kiat yang sempat dilontarkan ibu Tiome secara spontan untuk mewujudkan taman sekolah :

  • Jangan hanya ucapan, apalagi bersifat instruksi, lebih efektif berikan contoh.
  • Jangan cepat putus asa, bisa jadi apa yang kita maksud belum bisa dipahami oleh orang lain.
  • Sabar, sambil terus berusaha menyampaikan pesan kita sampai mereka paham.
  • Ucapkan terima kasih bagi yang telah turut peduli dengan visi dan misi kita.
  • Bekerja secara ikhlas dari hati jangan berharap pujian ataupun penghargaan.

 
Prestasi

Prestasi pribadi ibu Tiome dengan profesi guru ini pernah terpilih menjadi guru teladan untuk tingkat Kabupaten Parepare sebanyak 2 kali, yakni di tahun 2006 dan tahun 2008.

 

Aktifitas Lain

Selain mengikuti pelatihan-pelatihan terkait profesinya sebagai guru, ibu Tiome pun kerap menghadiri seminar lingkungan hidup (LH) bahkan menjadi pembicara/narasumber sesuai dengan pengalaman dan keberhasilannya dalam menghijaukan sekolahnya.

Dari kegiatan seminar, kerap pada akhirnya ditindaklanjuti dengan kunjungan ke lokasi SDN 43, dan atau sebaliknya dari kunjungan ke sekolah yang dipimpinnya berujung diundang untuk menjadi pembicara dalam sebuah seminar atau sejenisnya.

Sebagai kepala sekolah maka tentu saja ibu Tiome aktif dalam semua kegiatan ekstra sekolah seperti pramuka. Pada aktifitas pramuka ini ibu Tiome masuk dalam KPD (Korps Pelatih Daerah). Gudep SDN 43 tercatat dengan nomor 051 dan 052 yang terakreditasi di kwarnas.

Aktifitas lain ibu Kepala Sekolah ini adalah aktif di USAID PRIORITAS, (USAID = United States Agency for International Development) atau Badan Bantuan Pembangunan Iternasional Amerika, beliau duduk sebagai fasilitator daerah (Fasda). Usaid prioritas dicetuskan pada tahun 2012 saat era Mendikbud M. Nuh.

Kegiatan lain ibu beranak lima ini adalah menyalurkan hobinya yakni menyanyi, terkadang juga juri menyanyi. Lagu Batak kesukaan ibu Tiome antara lain Inang dan Alusi Au.

Asi ni roham da ito unang loas au maila
Beharoham dok mahatam Alusi au
Alusi au
Alusi au

Pada awal bulan Pebruari 2016, tepatnya tanggal 6, ibu Tiome akan bertolak menuju Jakarta untuk menerima Education Award dalam bidang tertentu dari International Human Resources Development, IHRD. Selamat! (Habis).***

tiomesiaTiomes-2video sd 43

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.