tbttt

Toolbox meeting dalam dunia konstruksi adalah berbicara singkat mengenai rencana kerja dalam sebuah pertemuan semi informal. Biasanya dilakukan ditempat kerja, maksudnya di lokasi dimana pekerjaan dilakukan dan bukan di ruang kelas semacam training atau kursus. Topik pembicaraan biasanya sangat spesifik dan disampaikan dalam waktu relatif singkat, hanya 5-15 menit.

Titel lengkapnya daily morning toolbox meeting, sangat kentara dari namanya maka toolbox meeting tersebut dilakukan setiap pagi sebagai kegiatan pertemuan harian. Maksud dilakukan toolbox meeting ini adalah membicarakan rencana kerja untuk meningkatkan efektifitas waktu kerja, efisiensi metode kerja dan kewaspadaan terhadap mara bahaya yang ditimbulkan dari aktifitas kerja yang dilakukan.

Kehadiran para anggota group toolbox meeting harus dicatat sebagai record namun juga sebagai bahan evaluasi terhadap para anggota dan pemimpin group terhadap kinerja group itu sendiri.

Toolbox yang baik menjadikan pertemuan itu sebagai ajang diskusi sekaligus instruksi.

Di lapangan konstruksi setidaknya seseorang dengan jabatan Foreman (Mandor) atau umumnya seorang Supervisor (Penyelia) harus mampu memimpin pelaksanaan toolbox meeting. Ia harus mampu menyampaikan rencana kerja dengan metode yang tepat, melakukan pembagian tugas, menyediakan peralatan kerja yang dibutuhkan, identifikasi bahaya & resiko pekerjaan dan mengetahui tindakan pencegahan atas bahaya-bahaya kerja.

Seorang Foreman atau Supervisor dan para anggotanya yang memiliki kedisiplinan tinggi maka ia akan melakukan daily morning toolbox meeting secara konsisten dan secara benar. Foreman atau Supervisor yang rutin melakukan toolbox meeting secara teratur maka hampir dipastikan ia mampu bekerja setidaknya selalu sesuai target dan memiliki kinerja keselamatan kerja yang baik.*

Baca juga:

Belaajar & Bekrja Sama

Film of  Toolboxx Meetinng

B2T2

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.